Electric Scooters for Adults Orlando Florida

Electric Scooters for Adults Orlando Florida

Sejarah Kaitan antara kerajaan banjar dan kerajaan demak adalah…

Kaitan antara kerajaan banjar dan kerajaan demak adalah…

Jawaban:

kerajaan banjar mempunyai hubungan yang sangat erat antara raja banjar dengan raja demak, pada saat itu Raja Banjar berjanji kepada Raja Demak apabila membantunya dalam perang melawan Nagaradipa, maka dia dan rakyatnya akan masuk Islam.

Penjelasan:

Kerajaan Banjar atau Kesultanan Banjar merupakan salah satu kerajaan bercorak Islam yang berkembang di wilayah Kalimantan Selatan. Perkembangan Islam di Kalimantan Selatan jauh lebih belakangan jika dibandingkan dengan misalnya perkembangan Islam di wilayah Aceh. Diperkirakan telah ada pemeluk Islam di wilayah Kalimantan baru sejak awal abad ke XVI M.

Agama Islam berkembang secara masif di Kalimantan setelah pasukan Kesultanan Demak di Jawa datang ke Banjarmasin untuk membantu Pangeran Samudra dalam perjuangannya melawan kalangan elit istana Kerajaan Daha. Ketika kemenangan berpihak kepada Pangeran Samudra, ia lantas memeluk agama Islam sesuai kesepakatan dengan sultan Demak sekitar tahun 936 H / 1526M. Pangeran Samudra lalu dinobatkan sebagai Sultan pertama di Kesultanan Banjar, kemudian Islam dijadikan sebagai agama resmi Negara.

[answer.2.content]